Berita Utama
5 Tindakan Bijaksana Setelah Putus Cinta

5 Tindakan Bijaksana Setelah Putus Cinta

Berpisah dengan orang yang kita cintai bukanlah perkara mudah. Begitupun, putus cinta bukanlah akhir dari segalanya. Tak perlulah penyesalan berkepanjangan. Yang terbaik adalah koreksi diri agar hal-hal buruk tersebut tidak akan pernah terjadi kembali. Larut dalam kesedihan hanya akan merugikan diri sendiri. Sadarilah, waktu yang lalu tidak akan pernah kembali. Yang sudah terjadi biarlah terjadi. Nasi sudah menjadi bubur, demikian pepatah yang sering dinasihatkan banyak orang. Satu yang pasti, Anda masih mempunyai waktu untuk mengubah masa depan Anda.

Putus cinta bukanlah kegagalan. Bukan pula akhir dari kehidupan Anda. Berhentilah memikirkan si dia. Perbaiki diri lebih baik lagi Bersikaplah dewasa. Artinya sebelum bertindak berpikir dulu sebelumnya. Dan lakukan  tindakan-tindakan bijaksana berikut pasca putus cinta agar kehidupan Anda lebih variatif karenanya.

a. Hindari trauma karena kejadian buruk yang Anda terima. Tetap bersikap positif bahwa Anda pasti menemukan orang yang lebih baik dari mantan pacar Anda. Tentu saja yang bisa menerima Anda apa adanya. Tetaplah berpikir positif demikian. Lambat laun Anda pun akan menemukan apa yang Anda impikan tersebut. Lihat kemudian,  Anda pun dapat bahagia walau tanpa mantan pacar Anda.

b. Libatkan diri dalam kegiatan lain yang Anda sukai. Misalnya Anda menggabungkan diri dalam komunitas yang menjadi kesukaan Anda sejak lama. Dengan demikian Anda menjadi sibuk dan bersosialisasi. Anda mungkin akan bertemu dengan banyak teman baru. Tentu saja itu akan menjadi peluang untuk memiliki hubungan baru. Kalau kesempatan itu datang, mengapa tidak? Mulailah memilih untuk tidak hidup sendiri lagi. Belajarlah membuka hati kembali untuk orang lain. Anda bisa memulainya dengan kedekatan sebagai seorang teman dengan orang yang dirasa mengalami kecocokan.

c. Tindakan bijaksana lain setelah putus cinta adalah mencoba  menyelesaikan satu-satu pekerjaan yang tertunda. Menata kamar, menyelesaikan naskah novel, mengatur taman dan lain sebagainya. Bukankah waktu Anda menjadi lebih banyak setelah putus cinta? Dengan demikian ini akan menjadi saat dimana Anda dapat menyelesaikan begitu banyak sisa pekerjaan yang tertunda.

d. Tindakan berikutnya yang bisa dilakukan adalah pergi bersama keluarga atau sahabat Anda. Bukankah selama ini kalau selama berpacaran dengan si dia, Anda lebih banyak menghabiskan waktu bersamanya. Padahal Anda punya mama, yang bisa pergi ke salon bersama. Juga saudara bahkan sahabat dimana mereka juga membutuhkan Anda.  Sesekali pergilah berbelanja dengan adik atau kakak. Atau menonton film dan bercanda dengan para sahabat. Mereka pasti akan merasa senang karena selama ini Anda seolah melupakan mereka. Semoga itu akan bisa menambah energi baru berupa semangat dan kebahagiaan pada Anda.

e. Belajar untuk selalu berpikir positif. Salah satunya dengan menekankan pada diri bahwa si dia memang bukan  diperutukkan buat Anda. Ia memang tak cukup baik buat Anda. Itulah salah satu cara dari Tuhan untuk memberitahu Anda bahwa akan Anda soulmate di masa depan yang jauh lebih baik dari si dia. Kalau Anda tetap berpikir kalau dia memang baik, maka berpikirlah kembali bahwa kemungkinan untuk mendapat yang lebih baik dari dia itu tetap ada. Dan tentu saja Anda tak boleh menyia-nyiakan kesempatan itu.

Jadi, mari bertindak bijaksana setelah putus cinta agar kita tidak trauma dan dapat menjalin cinta baru dengan lebih bahagia. Dunia tak selebar daun kelor. Masih banyak di luar sana pria yang jauh lebih baik dari si dia. Tinggal kita mencarinya secara bijaksana pula.

***

Leave a Reply

Scroll To Top