Berita Utama
Bagaimana Membantu Anak Tumbuh Cerdas

Bagaimana Membantu Anak Tumbuh Cerdas

Orangtua dalam hal ini ibu, mempunyai pengaruh kuat dalam perkembangan otak anaknya. Makanya, sebagai ibu sebaiknya aktif memberikan berbagai rangsangan agar otak anaknya semakin berkembang. Bahkan hal itu bisa dilakukan sejak dini dengan cara yang disesuaikan dengan usia anak. Adapun rangsangan yang diberikan bisa melalui suara, penglihatan, bau, rasa dan lain sebagainya. Anakpun akan menjadi pintar karena ia otomatis belajar dari pengalaman.Apa saja hal yang bisa dilakukan ibu untuk memacu anaknya agarmenjadi cerdas? Berikut beberpa hal yang juga bisa Anda terapkan.

 Berbicaralah dengan anak Anda

Anda bisa bercerita, bertanya dan juga mendengarkan dengan baik ketika anak Anda berbicara. Sesekali berikan kontak fisik untuk menggambarkan perasaan Anda. Misalnya ketika dia sedih, Anda lantas memeluknya. Ketika dia gembira, Anda  pun ikut mengekpresikannya dengan bermacam cara. Proses komunikasi dengan berbicara dan mendengar seperti itu bisa meningkatkan hubungan batin keduanya. Kelak anak tak akan segan untuk mengadu jika terjadi sesuatu yang tidak dimengertinya. Anakpun akan terampil bersosialisasi karena secara tidak sengaja sang ibu sudah mengajarinya lewat kata-kata, gerak tubuh dan ekspresi.

 Ajak anak untuk bermain musik.

Menurut sebuah penelitian, bermain musik contohnya piano, bermanfaat untuk melatih  konsentrasi atau memusatkan perhatian. Bermain musik juga dapat meningkatkan memori dan motivasi anak. Lebih jauh lagi, dengan bermain musik, anak menjadi tidak stres lagi. Seperti kita ketahui kalau anak juga bisa mengalami stres. Dan jika itu sampai terjadi maka otaknya bisa menjadi rusak. Jadi, bermain musiklah setiap hari walau hanya 10 menit saja. Tidak selalu harus benar dan bagus. Yang penting adalah interaksi Anda dan anak  juga bagaimana anak menerima rangsangan dari musik tersebut untuk membuatnya menjadi semakin cerdas.

 Jangan melarang anak bermain.

Bermain adalah dunia anak. Dengan bermain anak menjadi pintar. Oleh karena  itu, jangan pernah melarang anak untuk bermain kecuali permainan yang membahayakannya. Memang bermain nampak seperti kegiatan yang sepele saja. Padahal manfaatnya sangat banyak. Anak bisa menjadi sehat karena ia  banyak bergerak. Anak juga belajar berinteraksi dengan temannya sehingga ia bisa meningkatkan keterampilan sosialnya. Anak juga bisa melepaskan ketegangannya bahkan anak bisa menjadi pintar karena dalam bermain ia pun mengembangkan daya ciptanya.

 Ajaklah anak ke tempat baru  yang bermanfaat.

Mengajak anak ke mal atau ke arena bermain memang sudah biasa dilakukan banyak orangtua. Sesekali cobalah ajak juga anak ke tempat lain sehingga bisa menambah pengalaman mereka. Selain diajak ke perpustakaan, anak pun bisa diajak mengunjungi museum. Dengan demikian, pengetahuan anak pun akan bertambah. Apalagi jika tempat yang dikunjunginya sesuai dengan minat mereka.

 Berilah anak makanan bergizi.

Dan yang tak boleh dilupakan adalah memberi makanan bergizi untuk anak. Berikan anak makanan yang kaya protein, karbohidrat, vitamin, mineral dan lain sebagaimana yang sangat dibutuhkannya. Dengan begitu, otakpun mendapat nutrisinya sehingga bisa berfungsi secara maksimal. Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan oleh orangtua untuk membuat anak mereka cerdas. Kita juga bisa mempraktekkannya kok.

 ***

Leave a Reply

Scroll To Top