Berita Utama
Seputar Info tentang Bayi Prematur

Seputar Info tentang Bayi Prematur

Yang dimaksud bayi  prematur adalah anak yang terlahir  36 minggu atau sebelumnya.  Jadi ia lebih cepat lahir dibanding bayi normal yang memakan waktu sekitar 9 bulan. Karena proses kelahiran yang lebih cepat itulah maka berat badannya menjadi kurang. Tidak hanya itu, mereka pun bisa mengalami masalah kesehatan mengingat organ tubuhnya belum berkembang dengan sempurna. Karenanya, tidak mengherankan, begitu lahir ke dunia, mereka langsung dirawat dengan cara dimasukkan dalam inkubator.

Penyebab bayi lahir prematur

Sampai saat ini penyebab  bayi lahir prematur belum diketahui secara pasti. Tetapi terdapat faktor risiko tinggi pada mereka yang menderita penyakit tertentu seperti hipertensi, diabetes dan infeksi saluran kemih. Juga penderita obesitas dan wanita yang gemar  merokok dan  mengkonsumsi alkohol. Juga wanita  yang mempunyai rahim kurang normal. Bahkan ada indikasi bahwa wanita yang pernah melahirkan prematur mempunyai kemungkinan untuk melahirkan prematur lagi. Begitu juga wanita yang mengandung anak kembar atau mempunyai masalah dalam plasentanya.

 Ciri-ciri fisik bayi prematur

Sosoknya yang begitu mungil  sering membuat sang ibu menjadi riskan, sedih bahkan kecewa. Selama ini yang dibayangkan adalah sesosok bayi yang gemuk dan lucu. Tetapi nyatanya hadir bayi yang berkulit keriput, kecil dan nampak rapuh pula. Stres menjadi berat manakala sang bayi mengalami masalah-masalah tertentu seperti  mengalami kuning, infeksi dan lain sebagainya. Belum lagi, sang ibu tidak boleh langsung memegangnya. Pikirannya  ibu pun dipenuhi tanda tanya dan  khawatir, takut  bayinya mengalami sesuatu yang tidak diharapkan.

Mencegah bayi lahir prematur

Ada tips yang bisa dibagikan sebagai langkah pencegahan supaya kita tidak mempunyai bayi yang lahir prematur. Perhatikan selalu kebersihan mulut dan gigi. Hal itu guna mencegah penyakit gusi yang diduga bisa meningkatkan risiko bayi lahir lebih awal. Begitu juga ibu hamil yang suka melewatkan sarapan. Konon tanpa sarapan bayi bisa lahir secara prematur. Ibu hamil juga harus menjaga dirinya dari terkena penyakit flu. Penyakit tersebut juga diduga menyebabkan bayi lahir prematur.

Dan bagaimana dengan wanita hamil yang mengkonsumsi wine? Menurut sebuah penelitian, wanita yang mengkonsumsi wine tidak akan mempengaruhi kehamilannnya. Tetapi untuk mencegah bayi prematur sebaiknya kedua kebiasaan yaitu merokok dan alkohol itu segera dihentikan. Ibu hamil juga perlu memperhatikan berat badannya. Berat badan semestinya terus mengalami peningkatan seiring dengan usia kehamilan. Bayi bisa lahir prematur jika ibu hamil tersebut badannya terlalu kurus.

Saat kehamilan juga sang ibu wajib memeriksakan kehamilannya tersebut secara rutin ke dokter. Juga tidak boleh malas dalam mengkonsumsi vitamin dan segala sesuatu yang disarankan dokter. Supaya persalinan  lancar bukankah ibu harus tetap menjaga kesehatannya? Dengan demikian tidak hanya ibu yang sehat bayi yang di dalam kandungan pun kelak bisa lahir dengan lancar.

Faktor lainnya yang tidak boleh diabaikan oleh ibu  hamil adalah jangan sampai ia mengalami dehidrasi. Rajinlah minum sesuai dengan yang disarankan. Jangan memelihara sifat malas karena bisa berdampak buruk di kemudian harinya, termasuk saat proses persalinan nanti. Itulah berbagai cara yang bisa dilakukan ibu jamil untuk mencegah bayi lahir prematur.

 ***

Leave a Reply

Scroll To Top