Berita Utama
Cara Benar Membersihkan Bayi

Cara Benar Membersihkan Bayi

Ibu baru yang mempunyai bayi pertama kali, perlu mengetahui cara benar membersihkan bayi. Mulai dari membersihkan bayi setelah buang air kecil sampai buang air besar, cara mandi, keramas, gosok gigi dan lain sebagainya. Semua itu perlu dipelajari agar cara penanganan ibu terhadap bayi tidak menimbulkan masalah. Berikut diberikan petunjuk praktis agar membantu  ibu baru merawat bayinya.

Cara membersihkan bayi sesudah buang air kecil.

Membersihkan bayi setelah buang air kelihatan sepele. Namun jika tidak diperhatikan dengan benar, maka bisa menimbulkan masalah besar. Misalnya bisa menimbulkan tumbuhnya jamur, bayi menjadi lecet, gatal-gatal dan lain sebagainya.

Cucilah tangan terlebih dahulu sebelum kita akan mengganti popoknya karena bayi membuang air. Setelah itu lepaskan popoknya dan bersihkan kotorannya mengenakan kapas  basah atau kain yang lembut. Lakukan dalam posisi bayi berbaring.

Cara membersihkan bayi laki-laki-laki.

Perhatikan arah membersihkan yang benar yakni dari bagian kelamin ke arah pantat. Jangan lupa membersihkan kulit di bawah alat kelaminnya dan juga bagian bawah testisnya. Dua tempat tersebut merupakan area yang sering dijadikan  tempat menempelnya air seni atau kotoran bayi.

Cara membersihkan bayi perempuan.

Sama dengan cara membersihkan bayi laki-laki. Lakukan mulai dari bagian vagina ke arah bokongnya. Hal itu dilakukan untuk menghindarkan kotoran masuk ke alat kelamin bayi. Bersihkan pula bagian kulit di lipatan sekitar selangkangannya. Hal itu dilakukan sambil memegang kedua pergelangan kakinya.

Cara membersihkan rambut bayi.

Agar kotoran tidak menempel pada rambut bayi maka perlu keramas setiap hari. Kalau tidak dilakukan, bayi bisa merasa tidak nyaman karena kepalanya menjadi gatal. Gunakan shampo untuk bayi dimana tidak menimbulkan pedih jika tekena mata. Caranya dengan menyangga tengkuk bayi dengan sebelah tangan. Sedangkan tangan yang lain memerciki  air ke kepalanya kemudian menuangkan shampo dan menggosok-gosokkannya. Selanjutnya bilas kembali menggunakan spon atau memercikinya dengan air sedikit demi sedikit sampai bersih atau shamponya hilang.

Cara menggosok gigi bayi.

Ternyata ada juga bayi yang sudah bergigi saat lahirnya. Adapun cara membersihkan bukan dengan sikat gigi. Tetapi bersihkan giginya tersebut dengan lap lembut yang basah. Lakukan secara perlahan-lahan dengan cara melapnya termasuk bagian gusinya juga. Jika bayi sudah berusia satu tahun, baru boleh diperkenalkan sikat gigi untuk membersihkan giginya tersebut.

Cara memandikan bayi.

Inilah yang sering dianggap sukar untuk dilakukan para ibu baru. Sebenarnya kalau tahu teknisnya, gampang saja kok. Pertama, sediakan dengan lengkap semua perlengkapan bayi yang diperlukan. Mulai dari sabun, shampo, handuk, spon, air hangat dan lain sebagainya. Jangan lupa untuk mengukur air hangat terlebih dahulu agar tidak terlalu panas. Caranya adalah dengan masukkan siku Anda ke dalam air. Jika terasa hangat di bagian itu berarti air sudah cukup hangat.

Sesudah itu lepaskan semua pakaian bayi dan masukkan bayi secara pelan ke dalam air. Adapun cara memegangnya adalah dengan memegang pundaknya sambil menyangga kepalanya. Lakukan dengan sebelah tangan. Masukkan tangan satu lagi ke bagian pantat untuk meneguhkan posisinya agar tidak tergelincir ke air.

Selanjutnya angkat tangan yang di bawah pantat dan gunakan untuk menyiram-nyiramkan air ke tubuh bayi. Sabuni bayi menggunakan handuk basah. Kemudian siram-siramkan kembali air ke tubuhnya sampai hilang sabunnya. Kemudian angkat tubuh bayi secara pelan dengan kedua tangan. Taruh bayi di handuk yang telentang kemudian keringkan tubuhnya.

Oh ya, para ahli menyarankan saat memandikan bayi sebaiknya bayi diajak bercakap-cakap sambil memandang matanya. Hal itu bisa membuat bayi senang lho! Demikian sedikit petunjuknya, semoga bermanfaat.

 

***

Leave a Reply

Scroll To Top