Berita Utama
Cara Melahirkan Tanpa Rasa Sakit

Cara Melahirkan Tanpa Rasa Sakit

Sebenarnya melahirkan secara alami merupakan cara melahirkan yang terbaik. Begitupun rasa sakit ketika melahirkan itu alamiah. Di sanalah terdapat seninya wanita melahirkan. Ada kepuasan tersendiri saat bayi keluar dengan lancar. Pada akhirnya,  mereka pun merasa lengkap menjadi seorang ibu.

Akan tetapi ternyata ada beberapa wanita yang takut menghadapi rasa sakit tersebut. Mungkin karena telah tumbuh pendapat di masyarakat bahwa melahirkan itu merupakan pertaruhan jiwa dan raga. Makanya mereka merasa khawatir dan kemudian mencari berbagai cara agar saat melahirkan nanti tidak berasa sakit.

      Persalinan dengan bedah atau operasi sesar.

     Untuk melakukan persalinan dengan cara operasi sesar, tidak boleh karena keinginan sendiri. Ada kode etik yang harus dipatuhi. Bagi dokter yang melakukannya akan berakibat fatal. Jika terjadi sesuatu yang buruk dokter yang melakukannya harus bertangung jawab penuh. Untuk melakukan operasi sesar harus atas indikasi medis. Misalnya adanya kelainan tertentu yang akan sangat  membahayakan jika ibu hamil melahirkan secara alamiah.

      Pemberian obat-obat suntik pereda nyeri.

Bentuk obat pereda rasa nyeri ini dengan cara diminum dan disuntikkan. Misalnya untuk pemberian obat yang disuntikkan akan melibatkan dua orang dokter yakni dokter ahli kebidanan  dan kandungan serta dokter ahli anestesi.

Adapun cara pemberian obatnya adalah dengan menyuntikan obat anestesi ke dalam ruang intratekal yang terdapat di dalam sumsum tulang belakang. Di sana obat akan menghalangi rasa nyeri yang bisa terjadi.

Selama ini cara seperti itu tak bermasalah. Tetapi kedua dokter harus waspada penuh mengingat bisa saja terjadi efek samping yang perlu penanganan segera. Misalnya terjadi penurunan tekanan darah setelah disuntik, muntah dan sakit kepala. Karena resiko seperti itu sering terjadi amat cepat maka bisa terjadi pasien tak terselamatkan.

Persalinan dengan cara ini unik karena pasien tetap sadar hanya tak merasakan sakit. Tetapi waspada, karena persalinan dengan cara ini sangat tidak dianjurkan untuk penderita darah rendah. 

      Melahirkan dengan cara hypnobirth. 

Melahirkan dengan cara hypnobirth mempunyai tujuan agar pasien merasa nyaman saat menghadapi persalinannya. Cara yang dilakukan adalah dengan mensugesti pasien  tentang hal-hal yang positif. Pasien dituntun untuk mengenang pengalaman-pengalaman indah yang pernah dialaminya. Cara seperti itu membuat relaks. Jika keadaan sudah relaks maka akan keluar  endorphin yang merupakan zat anestesi alami  yang dapat menggantikan hormon pemicu rasa sakit. Intinya cara seperti ini berfungsi untuk menenangkan pikiran dan menghindari rasa sakit. Pasien pun  akhirnya menjadi tidak takut lagi saat melahirkan..

Proses melahirkan dengan cara hypnobirth melibatkan doker ahli kebidanan dan kandungan serta seorang terapis hypnobirth. Pada saat persalinan berlangsung terapis membimbing pasien sedangkan dokter ahli kandungan membantu proses persalinannya. Keadaan pasien seperti tertidur tapi tetap sadar. Sampai ia mendengar suara bayinya, maka sang  terapis pun menghentikan sugestinya karena persalinan telah selesai.

Itulah beberapa cara persalinan tanpa rasa sakit. Kesemua cara membutuhkan biaya yang lebih mahal dibanding persalinan alami. Hal itu terjadi karena melibatkan lebih dari satu ahli. Sekarang dikembalikan lagi kepada calon ibu, persalinan mana yang akan dipilih? Tertunya persalinan alamilah yang lebih baik.  Dan ingat, rasa sakit itu alamiah kok!

***

Leave a Reply

Scroll To Top