Berita Utama
Menghadapi Masa Pensiun dengan Bahagia

Menghadapi Masa Pensiun dengan Bahagia

Percaya atau tidak, ada lho orang yang begitu terlihat bahagia saat menghadapi masa pensiunnya. Mereka terlihat segar, bergairah sehingga wajahnya terlihat lebih muda. Mereka juga tampak sangat menikmati aktivitas rumah tangganya yang sebelumnya jarang dilakukan. Hal apa sebenarnya yang membuatnya demikian? Mengingat biasanya orang yang menghadapi masa pensiun maupun yang sudah memasuki masa itu mereka mengalami post power syndrome.

Apa itu post power syndrome.

Post power syndrome merupakan gejala yang muncul ketika seseorang tidak lagi menduduki jabatan nyaman yang sekian lama diembannya. Dalam hal ini misalnya seorang wanita karir yang sukses dalam pekerjaannya tersebut tetapi harus meninggalkannya karena masa pensiun telah tiba. Pada kebanyakan orang biasanya terjadi gangguan emosional yang sifatnya negatif. Bisa berupa gelisah, kecemasan atau kekhawatiran yang besar, putus asa, stres menghadapi masa depan dan lain sebagainya. Akan tetapi jika ada yang menghadapinya dengan penuh rasa bahagia, tentu ia punya trik tersendiri untuk mengatasinya.

Mempersiapkan mental jauh sebelumnya.

Ternyata, salah satu trik menjadi bahagia menjelang masa pensiun tiba itu karena mereka sudah mempersiapkan segala sesuatunya jauh sebelumnya. Mereka sudah bisa memprediksi apa yang bakal terjadi di masa pensiun nanti. Dengan demikian, dari awal mereka sudah mempersiapkan mentalnya. Uniknya lagi, mereka justru mengambil pelajaran penting dari tibanya masa pensiun tersebut. Selain menyadari keterbatasan kerjanya, mereka pun menjadi lebih bahagia karena punya waktu yang lebih banyak untuk berkumpul dengan keluarga. Begitupun dengan aktivitas di rumah yang biasanya dilakukan pembantu, dapat dikerjakan sendiri.

Perencanaan keuangan keluarga.

Yang lebih hebat, walaupun mereka akan mendapatkan pensiun untuk hari tuanya, tetapi mereka tetap merencanakan masa depan keuangannya. Mengingat  uang pensiun jumlahnya jauh lebih kecil dibanding gaji yang biasa diterima setiap bulannya. Untuk mengantisipasi hal itu, maka jauh hari sebelumnya mereka menabung secara rutin atau mengikuti asuransi hari tua. Mereka mampu menyisihkan sebagian penghasilannya itu untuk membayar premi demi masa depan keuangannya agar tetap mapan.

Membuat usaha kecil yang memberikan pemasukan setiap harinya.

Selain itu, ada beberapa yang mencari kesibukan baru. Mereka membangun usaha kecil yang diharapkan bisa membantu keuangan keluarga. Walaupun dalam skala kecil, tetapi bisa memberikan andil cukup bagi uang belanja setiap harinya. Selain itu usaha ini tidak terlalu menyita pikiran dan tenaga. Berbeda dengan usaha  besar dimana membutuhkan modal yang banyak juga perhatian yang besar. Contohnya adalah membuka toko kelontongan di rumah.

Mencari kegiatan baru yang menyenangkan.

Agar hari-hari di rumah tidak terasa membosankan, ada baiknya mengikuti berbagai kegiatan positif. Bisa dengan mengikuti kegiatan sosial atau  ikut berolah raga bersama. Dapat juga melakukan hobi yang selama ini tidak bisa dilakukan. Atau juga berlibur ke tempat-tempat yang belum pernah dikunjungi dan lain sebagainya. Dengan demikian selain menambah teman-teman baru  juga akan merasakan hidup yang lebih berwarna. Tingkat kebosanan pun hilang. Malah bisa dikatakan begitulah cara menikmati masa pensiun dengan bahagia.

Tetapi jangan lupakan beberapa hal penting seperti  tetap mengatur pola makan dan berolah raga. Dengan demikian kesehatan pun akan tetap terjaga. Ditambah lagi dengan tetap mengembangkan pola berpikir positif maka sehat dan bahagia bukan hanya sebatas impian, tapi memang berujud nyata dalam kehidupan. Akhirnya saya ucapkan, selamat menikmati masa pensiun.

***

Leave a Reply

Scroll To Top