Berita Utama
Persiapan Untuk Resepsi Pernikahan

Persiapan Untuk Resepsi Pernikahan

Setiap orang pasti menginginkan pernikahannya mempunyai kesan yang mendalam. Maklumlah, setiap pasangan pasti mengharapkan momen itu terjadi sekali saja seumur hidupnya. Akibatnya saat resepsi pernikahan pun harus dipersiapkan secara matang agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Berikut beberapa tips untuk Anda yang hendak mempersiapkan resepsi tanpa menggunakan jasa Wedding Organizer (WO).

Menentukan tema pernikahan

Secara umum tema pernikahan dibagi dua. Yang pertama yang sifatnya tradisional dimana lengkap dengan segala prosesi adatnya. Dan yang kedua adalah tema pernikahan modern. Masing-masing mempunyai detil yang penting dan tak boleh terlupakan. Misalnya tema tradisional yang mengangkat kebudayaan yang cukup kental. Untuk megukuhkan kesakralan sebuah pernikahan, maka ada prosesi yang penuh dengan makna dan simbol. Dekorasi pelaminanpun disesuaikan dengan budaya yang dipilih kedua mempelai.

Tema pernikahan modern lebih bervariatif lagi karena biasanya diambil dari tata cara orang Barat menikah. Misalnya tema musim yang terinsipirasi dari musim–musim yang ada di negara barat. Tak kalah menariknya adalah tema flora. Tema itu mampu membuat tamu undangan terkesan. Bagaimana tidak, semua setuju kalau bunga itu indah dan mewakili keindahan entah dengan aromanya maupun warna-warni bunganya. Makanya pilihan bunga harus disesuaikan dengan tema pernikahannya.

Memilih warna dominan

Warna bisa menjadi pilihan tema untuk mereka yang memilih konsep pernikahan yang tidak terlalu spesifik.  Mereka bisa memilih salah satu warna yang disukai sebagai konsep umum tema pernikahan mereka. Selain itu bisa menjadi warna dominan dalam dekorasi pernikahan yang juga dipakai sebagai warna dasar undangan, souvenir, busana pengantin, dekorasi panggung juga pernak-pernik lainnya. Dengan demikian keserasian suasana akan tercipta dengan indahnya.

Memilih busana pengantin

Dari sisi budget yang tersedia, tentukan apakah kita akan membuat baju pengantin atau sekedar menyewanya. Itupun masih ada pilihan lainnya yang harus dipikirkan. Apakah kita akan mengenakan model baju pengantin muslimah atau busana pengantin ala barat. Tetapi apapun pilihan kita, hendaknya sesuaikan busana pengantin yang dikenakan dengan waktu penyelenggaraaan. Maksudnya, jika resepsi diselenggarakan siang hari, maka hindari mengenakan warna busana yang mencolok. Agar merasa nyaman, sesuaikan juga dengan kepribadian kita. Busana pengantin juga harus pas dikenakannya di badan.  Sehingga ketika hari H itu datang, Anda merasa nyaman dibuatnya.

Persiapan tempat resepsi

Agar persiapan Anda sempurna dan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, maka sebaiknya Anda mencatat secara detail hal-hal yang harus ditanyakan kepada pengelola gedung resepsi. Misalnya harga yang ditawarkan, tentunya harus juga disesuaikan dengan budget yang tersedia.
Begitu juga dengan kapasitas gedung haruslah sesuai dengan jumlah undangan yang disebar. Perhatikan pula fasilitas yang disediakan, lokasi, serta waktu yang disediakannya. Tak cukup mendapatkan penjelasan, sebaiknya Anda pun mengecek langsung lokasinya tersebut.

Menentukan waktu resepsi

Sebaiknya acara resepsi diadakan di akhir pekan seperti hari sabtu dan minggu. Alasannya, hari itu merupakan hari libur dimana hari lain biasanya orang-orang sibuk dengan berbagai urusannya. Lebih baik lagi kalau diadakan sabtu malam. Penyelenggaraaan resepsi di waktu malam memakan waktu yang lebih pendek dibanding siang harinya. Tamu pun cenderung lebih santai menghadirinya mengingat besoknya adalah hari libur. Berbeda dengan resepsi yang dilakukan minggu siang atau minggu malam misalnya. Para tamu akan cenderung buru-buru karena mereka harus bekerja esok harinya.

Begitulah beberapa persiapan yang harus dilakukan. Persiapkan semua itu jauh sebelumnya. Misalnya satu tahun atau 6 bulan sebelumnya. Dengan demikian Anda mempunyai kepastian yang akan berakibat lancarnya semua rencana yang sudah dipersiapkan. Selamat menempuh hidup baru, ya!

***

Leave a Reply

Scroll To Top