Berita Utama
Tips Memilih Susu Formula Untuk Anak

Tips Memilih Susu Formula Untuk Anak

Tak dapat dipungkiri, air susu ibu memang merupakan makanan paling baik untuk ASI. Rasanya yang bervariasi tergantung makanan yang dikonsumsi ibunya, membuat bayi mengenal berbagai variasi rasa. Begitupun nutrisi yang terdapat di dalamnya memang luar biasa.  Zat-zat yang terkandung mampu memberi perlindungan pada bayi dari berbagai macam penyakit.

Sayangnya, tidak semua ibu mampu memberikan air susunya dikarenakan berbagai kendala. Akhirnya tidak ada pilihan lain kecuali mencari pengganti air susu ibu untuk bayi mereka. Tetapi memilih susu formula yang cocok untuk bayi ternyata tidaklah mudah. Walau memang berbagai merek susu beredar banyak di pasaran. Akan tetapi Anda harus pandai-pandai memilih susu formula yang cocok untuk bayi Anda. Bagaimanakah caranya?

Teman Anda menyaranan susu merek A. Sementara dokter spesialis anak menyarankan susu merek B. Ketika Anda sampai ke supermarket, maka para sales promotion girl mengklaim susu yang mereka tawarkan itu lebih baik. Anda makin pusing saja. Apalagi banyak dari merek susu yang mengiming-imingi hadiah. Jadi, siapa tidak tertarik, coba?

Akan tetapi, memilih susu formula jangan berdasarkan hadiah atau semacamnya. Atau yang harganya paling mahal dengan asumsi kualitasnya pasti lebih baik. Padahal belum tentu juga. Nah, agar Anda tidak pusing berikut disampaikan  beberapa tip untuk membantu Anda memilih susu formula terbaik untuk sang buah hati.

Perhatikan kualitas dan keamanan produknya

Susu formula yang aman dikonsumsi adalah yang diolah dengan cara mengikuti produksi pangan yang baik. Istilahnya dikenal dengan Good Manufacturing Practices (GMP). Juga harus sesuai standar yang telah ditetapkan. Biasanya adalah badan-badan otoritas internasional dan salah satunya adalah EU (European Union). Selain itu juga tidak melanggar aturan perundang-undangan di Indonesia.

Secara detil, merek susu itu harus terdaftar dan lolos uji Badan Pengawas Obat dan  makanan. Yang paling penting adalah susu tersebut tidak mengandung bakteri Enterobacter sakazakii.

Pilihlah  susu yang cocok untuk tubuh anak

Untuk mengetahuinya, Anda cukup memberikan susu merek tertentu sesuai takaran yang dianjurkan. Jika tidak menyebabkan reaksi atau gangguan pada organ tubuhnya, saluran pencernaan dan perilakunya,  artinya susu itu cocok untuk tubuhnya. Tetapi lebih waspada jika anak mempunyai riwayat alergi dalam keluarganya. Hal itu bisa dilihat dari kedua orangtunya apakah juga mempunyai alergi terhadap susu sapi.

Memilih bahan dasar susu formula untuk bayi Anda

Ternyata terdapat berbagai bahan dasar yang digunakan dalam susu formula. Misalnya susu sapi. Tetapi tidak berarti bayi bisa mengkonsumsi susu sapi murni. Karena keduanya sangat jauh berbeda. Susu formula untuk bayi mendapat banyak zat tambahan lainnya yang dibutuhkan bayi dan sudah terukur banyaknya yang disesuaikan dengan usianya.
Tetapi juga ada  bayi yang alergi dengan susu formula berbahan dasar susu sapi. Maka biasanya dokter spesialis anak akan menyarankan untuk mengkonsumsi susu formula khusus yang berbahan dasar kedelai.

Ada juga kasus khusus dimana bayi juga tidak cocok mencerna kedua jenis susu di atas. Biasanya karena mereka alat pencernaannya tidak mampu mencerna laksosa. Efeknya biasanya terjadi diare berkepanjangan. Dokter biasanya akan merekomendasikan susu rendah laktosa.

Dan tips terakhir adalah hendaknya memilih susu formula yang disesuaikan dengan tingkatan usia anak. Ada yang diperuntukkan untuk bayi 0-6 bulan, 6-12 bulan, dan di atas 1 tahun. Begitulah beberapa tips untuk memilih susu formula bagi bayi Anda. Jangan lupa untuk  memperhatikan selalu kebersihan alat-alat yang digunakan bayi. Semua itu harus menjamin keselamatannya. Dari mulai persiapan, penyimpanan dan lain sebagainya perhatikan dengan baik. Jangan sampai ada bakteri yang menempel pada tempat minum bayi.

***

Leave a Reply

Scroll To Top