Berita Utama
Tips Mengkonsumsi Makanan Saat Hamil

Tips Mengkonsumsi Makanan Saat Hamil

Selama masa kehamilan, calon ibu  harus makan dengan baik dan benar. Hal itu  karena tubuh sedang mengalami banyak perubahan. Makanya diperlukan energi yang lebih banyak demi terjaminannya kesehatan ibu dan janin yang sedang dikandungnya.

a. Utamakan kualitas dibanding kuantitas makanan

Selalu diingat, bahwa janin dalam kandungan membutuhkan makanan juga. Ia makan dari apapun yang ibunya makan. Makanya jangan sembarangan mengkonsumsi makanan saat hamil. Konsumsilah hanya makanan bergizi baik dimana mengandung unsur gizi esensial yang dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan janin.

Dalam hal ini tidak penting makan berlebihan dengan alasan makan untuk berdua. Yang harus diperhatikan adalah unsur gizi berupa protein, vitamin,mineral dan sebagainya. Semua harus terpenuhi dengan baik. Karena kebutuhan kalori dari vitamin atau mineral selama kehamilan menjadi meningkat. Contohnya, kebutuhan vitamin C meningkat 25%. Begitupun vitamin D diperlukan lebih banyak lagi yakni 50%. Bahkan kebutuhan zat besi mencapai 100% di masa kehamilan.

b. Tips makan selama hamil

Walaupun dokter sudah memberikan resep vitamin dan mineral, tidak berarti calon ibu bebas dalam memilih makanan. Tetap perhatikan,  makanan bergizilah yang harus selalu dikonsumsi. Sebenarnya boleh saja mengkonsumsi makanan yang biasa disantap saat sebelum hamil. Hanya hindarilah makanan yang dilarang oleh dokter.

Begitupun dengan kebiasaan ngemil, bukan lantas harus ditinggalkan. Akan tetapi diseleksi hanya mengkonsumsi makanan kecil yang bergizi, sayuran mentah, buah segar, kacang, biskuit cracker dan lain sebagainya. Jangan lupa untuk mencuci sayuran dan buah-buahan itu terlebih dahulu.

Makanan yang manis seperti kue dan roti boleh-boleh saja dimakan. Tetapi makanan-makanan itu bersifat cepat mengenyangkan, unsur gizinya pun sedikit. Jadi, lebih baik hindarkan saja. Atau jika benar-benar ingin, sertai dengan makanan lain yang bergizi banyak.  Tidak disarankan juga untuk mengkonsumsi minuman ringan, apalagi yang mengandung soda. Tetapi meminum air putih selama kehamilan harus cukup banyak.

Perhatikan keberagaman makanan yang dikonsumsi. Adanya variasi makanan akan meningkatkan selera ibu. Dengan demikian bisa memeberi lebih banyak gizi lagi kepada si calon bayi.

c. Contoh makanan yang baik dikonsumsi saat hamil

Makanan berprotein sangat dibutuhkan oleh ibu yang sedang hamil. Protein merupakan zat gizi untuk pertumbuhan jaringan. Maka cukup protein akan membuat janin berkembang dengan baik. Protein bisa didapatkan dari susu, ikan, daging sapi, ayam dan telur. Mengkonsumsi es krim tidak dilarang. Tetapi perhatikan dan waspadai karena kandungan lemak dan gulanya tinggi sekali.

Kebutuhan gizi yang lain adalah mineral. Salah satunya kalsium yang sangat diperlukan untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Sebaiknya, terdapat setiap hari dalam menu harian ibu hamil. Sumber kalsium paling baik adalah tepung ikan, sardines, lobak, kerang-kerangan dan sayuran hijau. Dari jenis kacang-kacangan, paling baik kacang kedelai. Jadi mengkonsumsi tahu dan tempe saat hamil sangat baik untuk kesehatan sang calon bayi.

Jangan lupa penuhi pula kebutuhan akan serat. Misalnya sereal dari jenis padi-padian. Vitamin dan mineral juga tidak boleh ketinggalan. Biasanya terdapat pada sayuran dan buah-buahan. Mengkonsumsi jenis makanan itu akan menghindarkan calon ibu dari sembelit yang biasa terjadi pada ibu yang sedang hamil. Jangan lupa penuhi kebutuhan gizi   dengan lemak sebagai sumber energi.

Begitulah beberapa contoh makanan bergizi yang pantas dikonsumsi ibu hamil. Semoga nanti persalinan terjadi dengan lancar. Dan ibu serta bayi tetap sehat dan kuat.

***

Leave a Reply

Scroll To Top