Berita Utama
Trik Hadapi Emosi Istri Yang Labil Ketika Dia Sedang Menstruasi

Trik Hadapi Emosi Istri Yang Labil Ketika Dia Sedang Menstruasi

Tidak bisa dipungkiri lagi kalau para kaum hawa by nature atau secara alamiah mengalami emosi yang tidak stabil pada saat datang bulan atau menstruasi.

Walau tidak semua wanita mengalami ini, tapi menurut studi dan survey kebanyakan dari wanita mengalami yang namanya premenstrual syndrome. Sehingga sebulan sekali Anda sebagai suami atau pasangan nya harus siap – siap untuk berpanjang sabar untuk menghadapi pasangan Anda.

Pada saat sedang datang bulan atau istilah beken nya ‘lagi dapet’, wanita kerap merasakan kejanggalan dengan tubuh nya, misalnya sebut saja salah satu yang paling umum yaitu rasa nyeri luar biasa yang disebabkan oleh perubahan hormon dalam tubuh nya. Coba Anda bayangkan bagaimana rasanya menahan rasa nyeri dan sakit akibat perubahan hormon ini, sudah pasti membuat si wanita merasa sangat tidak nyaman, stres dan akhirnya mengakibatkan emosi yang cenderung susah terkontrol dan akhirnya menjadi mudah marah. Istilah beken yang sering dipakai di masyarakat modern kita sekarang ini yaitu bete atau bad mood, yaitu mood yang cenderung negatif dan biasanya membuat si wanita mudah tersinggung dan mudah terpancing emosi nya.

Nah untuk para pria atau suami yang mungkin sudah lelah menghadapi pasangan nya yang ‘sensi’ pada saat menstruasi, berikut tips untuk Anda:

1. Coba Ingat Tanggal Menstruasinya. Pada umumnya siklus bulanan ini datang di tanggal-tanggal tertentu, ada yang siklus nya teratur dan ada pula wanita yang tidak teratur siklus menstruasinya. Dengan mengingat tanggal – tanggal ‘penting‘ ini, Anda bisa bersiap – siap untuk menghadapi emosinya.

2. Coba Belajar Lebih Sabar. Dengan bersabar, Anda dapat mencegah perdebatan ketika emosinya memuncak. Jaga intonasi saat berbicara dengannya, jangan menaikkan intonasi karena dia akan menganggapnya sebagai bentakan. Hindari membalas emosi dengan emosi, jaga agar komunikasi tetap terarah dan stabil.

3. Coba Jaga Perasaannya. Hindari perkataan atau perbuatan yang dapat menyinggungnya, ingat, dia sudah bad mood karena menstruasi nya, jangan dibikin tambah bad mood lagi. Ketika akan berkomentar atau mengkritik, gunakan kata atau kalimat yang lebih sopan dan lakukan dengan lembut.

4. Jangan Dimasukkan Kedalam Hati. Seringkali pada saat bertengkar kecil, justru wanita yang sedang mengalami menstruasi lah yang mengeluarkan kata – kata yang tidak pantas, tidak hanya sekadar marah-marah kecil, lidah wanita juga menjadi ‘tajam’ bagaikan pisau bermata dua yang menyayat perasaan Anda sebagai lelaki (cowok juga punya perasaaan lho hehehe). Si wanita bisa dengan mudahnya melontarkan kata-kata yang sangat menyakitkan Anda. Nah jika memang sudah terjadi pertengkaran yang tidak bisa dihindari dan Anda menjadi korban lidah tajamnya, ingat! Jangan sekali – kali dimasukkan ke dalam hati. Maklumi saja. Toh pasangan Anda juga tidak bermaksud menyakiti Anda. Sabar dan tunggu hingga lewat masa menstruasi nya, dia akan kembali menjadi pasangan Anda yang baik, lugu, manis dan seterusnya, dan seterusnya :)

5. Coba Bayangkan Rasa Ketidaknyamanan dan Nyerinya. Sulit tidur karena nyeri luar biasa di perut, tubuh pegal-pegal, perut melilit, dan keringat dingin adalah beberapa hal yang wanita rasakan sekaligus ketika memasuki siklus bulanannya. Dengan berusaha menempatkan diri Anda di posisinya, Anda dapat lebih menahan emosi Anda untuk tidak membalas kemarahannya.

Nah para suami dan lelaki, semoga berhasil dengan trik – trik tersebut, semakin bijak dan sabar menghadapi pasangan Anda masing – masing ya. Ingat! Jangan sekali – kali dimasukkan ke dalam hati Anda semua kata – kata tajam nya,  ;)

Comments are closed.

Scroll To Top